Hargai apa yang kamu miliki saat ini. Kebahagiaan tak akan pernah datang kepada mereka yang tak menghargai apa yang telah dimiliki.

Kumpulan Alat Untuk Memperkuat Sinyal Modem

Diposkan oleh carater66 on

Nah, jika anda ingin koneksi internet anda menjadi lebih cepat, mungkin anda dapat memperkuat sinyal modem anda dengan alat - alat yang memang berfungsi untuk memperkuat sinyal modem. Berikut Kumpulan Alat Untuk Memperkuat Sinyal Modem tersebut :


1. USB Extender (Perpanjangan kabel USB)


Mulai dari alat yang paling sederhana yaitu USB Extender atau perpanjangan kabel USB. Dilihat dari namanya berarti fungsi alat ini adalah untuk menyambung modem. USB extender ini sendiri bisa mencapai panjang hingga 10 meter. Ini adalah cara yang mudah untuk menambah sinyal modem anda. Mungkin ada yang berpendapat bahwa USB extender ini tidak begitu banyak membantu untuk menambah sinyal. Tapi saya pernah mengalaminya sendiri di daerah pedalaman yang sangat sulit sinyal. Ini saya alami waktu di Kalimantan. Bahkan beda tempat 1 meter saja sudah beda sinyal yang didapat. Misal jika modem ditaruh di lantai sinyal yang didapat hanya 1 bar, kemudian jika ditaruh di atas kasur sinyal yang didapat bisa 3 bar.Dengan USB extender ini akan mempermudah kita untuk meletakkan modem di tempat yang banyak sinyal tanpa harus memindah laptop atau komputer.
Kemudian ada 1 lagi kegunaan USB extender. Bagaimana jika anda menggunakan USB extender sepanjang 10 meter kemudian modem anda taruh setinggi mungkin sebatas panjang kabel. Jika memungkinkan panjangnya kabel, anda bisa menaruh modem di atas atap rumah. Bahkan ada yang mengatakan, menggunakan antena eksternal (Yagi) dengan modem terletak di dalam ruangan masih kalah dalam urusan sinyal jika dibandingkan anda meletakkan modem di dekat antena eksternal langsung.
2. Antena Eksternal Outdoor
Antena eksternal outdoor yaitu antena eksternal yang diletakkan di luar rumah, misal antena Yagi, wajan bolic, dan lain-lain. Antena eksternal outdoor sifatnya permanen, artinya hanya bisa digunakan di satu tempat saja dan tidak bisa dibawa kemana-mana. Kenapa? Karena ukuran antena ini yang terlalu besar yang tidak memungkinkan anda untuk membawanya ke mana-mana.
Antena eksternal outdoor sendiri banyak macam dan tipenya. Kegunaan alat ini sangatlah besar, terbukti bisa menjadikan sinyal modem anda full bar, tergantung spesifikasi jangkauan antena dan juga letak geografis anda. Lihat lagi artikel saya yang berjudul ‘Uji Coba Memasang Antena Eksternal Yagi Pada Modem Smartfren EC1261-2‘ untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai antena eksternal Yagi.
3. Antena eksternal indoor (portable)
Ada antena eksternal outdoor berarti ada antena eksternal indoor atau biasa disebut antena portable. Antena ini memiliki bentuk fisik relatif kecil dan sederhana sehingga memungkinkan bagi anda untuk membawanya ke mana-mana bersama 1 paket dengan modem anda. Akan tetapi penangkapan sinyal antena ini masih kalah dengan antena outdoor karena diletakkan hanya sebatas di dalam ruangan. Bagi anda yang tidak ingin ribet memasang antena ekternal di atas atap maka antena portable ini adalah solusi bagi anda yang kesulitan mendapatkan sinyal modem yang bagus.
Catatan:
Baik antena eksternal outdoor ataupun indoor bisa digunakan untuk semua modem dan semua operator. Baik modem yang memiliki slot antena eksternal maupun modem yang tidak memiliki slot antena eksternal. Untuk modem yang tidak memiliki slot antena eksternal sebenarnya slot antena bisa anda temukan jika anda membongkar modem. Akan tetapi jika anda tidak ingin menanggung resiko membongkar modem, anda bisa menggunakan pigtail jenis induksi. Pigtail induksi pemasangannya hanya ditempelkan atau dililitkan pada modem saja.
4. Antena Booster (Internal Signal Booster)
Alat yang terakhir, yang kemungkinan belum banyak yang tahu adalah Antena Booster atau juga bisa disebut Internal Signal Booster. Anda sudah tahu Internal Signal Booster belum? Jika belum tahu, anda bisa membaca lagi artikel saya sebelumnya yang berjudul ‘Modem Smartfren EC1261-2 Memiliki Dua Internal Signal Booster’. Antena booster ini pengaruhnya sangat besar terhadap modem, sudah saya buktikan sendiri dengan uji coba dan terbukti bisa menambah sinyal yang didapatkan modem.
Beberapa kegunaan Antena booster (Internal signal booster) ini diantranya:
- Menstabilkan dan meningkatkan sinyal up to 30% (tergantung keadaan geografis dan jauh dekatnya anda dengan BTS)
- Mengurangi noise ketika melakukan panggilan
- Memperpanjang jangkauan sinyal hingga ke area yang sulit dijangkau oleh BTS
Beberapa modem mungkin sudah tertanam internal signal booster, seperti pada modem Smartfren EC1261-2. Tapi banyak juga modem yang tidak memiliki internal signal booster.
Antena booster ini juga bisa digunakan untuk semua perangkat internet wireless termasuk untuk handphone juga. Penggunaannya pun sangat mudah, cukup ditempelkan pada perangkat modem atau handphone. Untuk info antena booster ini anda bisa lihat pada web modemku.com.
Nah, ini sedikit informasi dari saya mengenai Kumpulan Alat Untuk Memperkuat Sinyal Modem. Mungkin masih banyak alat-alat lain yang bisa digunakan untuk menambah atau menaikkan sinyal modem, misal kepingan CD, panci, tutup panci, wajan, lilitan kawat tembaga, dan lain-lain, yang notabene tidak memerlukan modal (modal sedikit). Tetapi 4 alat yang saya sebutkan di atas bisa anda dapatkan dengan cara membeli (biar lebih formal) hehe…..Semoga artikel ini bermanfaat.

{ 5 komentar... read them below or add one }

Asfahani said...

Apakah jika saya menggunakaan USB Extender (Perpanjangan kabel USB) akan terlihat perbedaanya.. soalnya saya menggunakan modem gsm dan hanya mendapat 1 bar sinyal umts, tapi full untuk EDGE, apakah tidak lost conection pada nantinya, itu maksud saya?

tomspiez said...

kabel USB ekstender sndiri difungsikan agar modem dapat di taruh ditempat yg baik menangkap sinyalnya sob... n itu ane lakuin, jadi modem ane taruh ditempat yg tinggi misal di ventilasi rmah gtu sob..:)

ahmad said...

bagus tuh Usb extender. masa tiap mau internetan naik atap terus... apalagi waktu hujan.. jadi ga bisa internet dah.. (nasib tinggal didesa terpencil, nelppon aja susah harus naik2 atap juga :() bagus tuh usb panjang kira-kira harganya berapa ya?

tomspiez said...

klo ane pake yg pnjangny 3 m dah ckup gan, ane taruh deket ventilasi gan..:D

ROSNITA' said...

JADI TIPE MODEM / MEREK APA YG DIPERLUKAN DI DAERAH PEDALAMAN TIDAK ADA JARINGAN, DAN SEKITAR BRAPA AN HARGA NYA MODEM TU BESERTA 4HAL TAMBAHANNYA DIATAS.

Post a Comment

sekarang siapapun (asal manusia....:D) dapat meninggalkan komentar, berkomentarlah dengan sopan ya...:)

Blog List